Memperingati Hari Ibu 22 Desember

Diposting oleh Avidt.blogspot.com Senin, 21 Desember 2009

Mengenang Hari Ibu .... Pada Artikel ini saya ingin membuat sebuah tulisan tentang pentingnya berbakti kepada Ibu, Ibu adalah seorang manusia yang sangat hebat buat saya tiada pahlawan yang paling berjasa dalam hidup saya selain manusia yang biasa di panggil dengan sebutan I B U, E M A, B U N D A, E N Y A dan M A M A H, atau apapun itu sebutannya. Buat saya Ibu adalah segalanya, Karena semua Jasanya tidak akan dapat kita membalasnya. Untuk itu sudah sepantasnyalah kita berbakti kepada kedua orang tua kita khususnya Ibu.

Saya teringat khutbah jum'at yang pernah saya dengarkan yang bertema birrul walidain, dalam khutbah itu saya merasa masih banyak kesalahan saya terhadap orang tua. didalam khutbah itu di jelaskan tentang tata cara bagaimana seorang anak berbakti kepada orang tua. saya akan mencoba menerangkan sedikit intisari dari khutbah itu :
Ayat yang menerangkan pentingnya berbakti kepada orang tua yaitu surat al-isra ayat 23 yang artinya :


"
Dan Raabmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia(Allah) dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia[850]."

[850] Mengucapkan kata Ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.

Didalam ayat ini Allah memerintahkan manusia untuk berbakti kepada kedua orang tua, perintah untuk berbakti kepada orang tua di tempatkan setelah berbakti kepada Allah seperti pada ayat diatas "Dan Raabmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia(Allah) dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya". sehingga dari pada itu wajib kita semua berbakti kepada kedua orangtua. Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah". Berapa juta kata Ahh yang telah kita ucapkan kepada orang tua jika kita menolak perintah darinya. Astagfirullohal'azim ....

Saya jadi teringat sebuah kisah, tentang bayi yang bisa berbicara... mungkin teman-teman sudah tau 2 bayi yang bisa berbicara, yaitu bayi Nabi Sulaiman dan Nabi Isa putra maryam, dan ada satu bayi lagi yang bisa berbicara yaitu bayi yang Allah berikan kemampuan berbicara untuk membuktikan kesalahan seorang anak laki-laki yang sholeh, anak laki-laki sholeh itu bernama Jurre.

Jurre adalah seorang anak laki-laki yang taat beribadah, dia memiliki mushola khusus untuk dia beribadah pada suatu waktu ketika jurre sedang solat di mushola ibu nya memanggil, " Jurre . . . !!!" Panggilan ibunya tidak di hiraukan karena jurre sedang solat, lalu Ibunya memanggil lagi " Juree . . . !!!" Jurre Tetap tidak menjawab panggilan Ibunya lalu dia bertanya Pada Allah dalam solatnya, " Ya Allah Ibuku memanggil tapi aku sedang solat" Jurre tetap melanjutkan solatnya, lalu Ibunya memanggil untuk yang ketiga kalinya, tapi Jurre tetap solat. Sang Ibu Menjadi kesal kepada anaknya karena tidak menjawab panggilannya, Lalu Ibu berdo'a untuk anaknya karena kesal " Ya Allah janganlah engkau matikan anakku sebelum engkau memberikan Fitnah yang besar kepada anak saya ".

Lalu Allah mengabulkan doa sang ibu, Jurre di fitnah oleh seorang Wanita Penghibur yang ingin mencoba ketaatannya kepada Allah, dengan cara menggodanya pada saat dia solat, ternyata Jurre tidak tergoda, Lalu si wanita penghibur itu pergi mancari seorang pengembala domba untuk berjinnah, sehingga wanita penghibur itu hamil dan melahirkan.

Ketika wanita penghibur itu melahirkan ditanya oleh masyarakat " siapa bapak dari bayi ini ?". Lalu wanita penghibur itu menjawab "bapak dari bayi ini adalah jurre" . Masyarakat menjadi marah kepada Jurre, karena seorang laki-laki yang selama ini sholeh dan taat beribadah telah melakukan jinnah, lalu masyarakat menghancurkan mushola tempat Jurre biasa beribadah. Kemudian Jurre menangis dan menginstropeksi dirinya sendiri atas fitnah yang menimpanya, sambil berkata : “ kesalahan apa yang saya lakukan apakah salah ibadah selama ini sehingga dating fitnah yang begitu besar”.

Lalu Jurre berdoa kepada Allah : " Ya Allah tunjukanlah kebenaran siapa bapak dari bayi itu!!!". Kamudian di depan masyrakat banyak Jurre bertanya kepada bayi itu : "Hey Bayi Siapa Bapakmu sebenarnya??" lalu doa jurre di kabulkan oleh Allah dan bayi itu dapat berbicara, kemudian Bayi itu menjawab : " bapak saya adalah seorang pengembala domba". dan masyarakatpun meminta maaf kepada Jurre setalah tau siapa sebenarnya Bapak dari bayi tersebut. kemudian mushola tempat Jurre ibadah di bagun kembali.

Ketika Fitnah telah terungkap, datang Ibu kepada Jurre lalu bertanya : " Hey Jurre Mau tahu kah kamu mengapa kamu mendapat Fitnah yang sangat besar????", lalu Jurre menjawab dan bertanya : " iya ibu, mengapa fitnah itu datang untukku??" . Lalu ibu menjawab : " Ketika Kamu solat, Ibu memanggil kamu, tetapi kamu tidak menjawab Lalu ibu berdoa Ya Allah janganlah engkau matikan anakku sebelum engkau memberikan Fitnah yang besar kepadanya". Itulah fitnah besar yang menimpa kamu. Lalu Jurre menangis dan memohon ampun kepada allah dan Meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Ibunya.

Dari kisah di atas kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran, betapa berdosanya kita jika kita tidak menjawab panggilan orang tua kita khususnya Ibu, walaupun kita sedang melakukan solat apalagi jika kita sampai tidak menjalankan perintah orang tua. Dan diusahakan jangan sampai membentak.

Dalam berbakti kepada kedua orangtua ada aturannya. Karena setiap seorang anak yang di lahirkan pasti memiliki orangtua, baik itu anak laki-laki maupun anak perempuan. kalau anak laki-laki wajib lebih besar baktinya kepada ibu sedangkan anak perempuan berbakti kepada suami. saya mengajak kepada teman-teman semua marilah di hari Ibu ini kita semua dapat berbakti kepada Ibu dengan lebih semangat lagi dan dapat lebih memberikan perhatian yang lebih-lebih dengan menyenagkan hatinya stiap waktu

Sekian dulu artikel dari saya untuk memperingati hari ibu semoga bermanfaat.

1 Responses to Memperingati Hari Ibu 22 Desember

  1. I LOVE MY MOM

     

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Avidt.blogspot.com
Saya Masih Belajar . . . Jadi Kalo mau tanya-tanya Boleehhh
Lihat profil lengkapku

MY FACEBOOK

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

wibiya widget