Belajar Jaringan Pake Software Simulasi

Diposkan oleh Avidt.blogspot.com Rabu, 23 Desember 2009 26 komentar

Berawal dari mata kuliah Jaringan Komputer yang ada di Materi Kuliah saya, Awalnya saya bingung tentang membuat Jaringan dalam kapasitas besar, dan tentunya memerlukan Biaya yang sangat besar untuk melakukan praktek dan suatu hal yang sangat tidak mungkin kalau saya ingin mencoba membuat jaringan yang besar, buat kuliah aja harus kerja banting tulang, kepala jadi kaki dan kaki jadi kepala... (lebay dikit heheheh). Atas dasar keingintahuan yang besar dan keinginan mencoba membuat jaringan yang besar. saya teringat software Simulasi ketika saya sekolah di SMK, Langsung saja saya menghubungi Mr. Haryono guru sekolah saya waktu sekolah di SMK yang mengajar Jaringan Komputer, Ternyata Nama Software itu Cisco Packet Tracer.... Langsung saja saya download. Jadi tidak perlu keluar biaya besar untuk dapat mencoba membuat jaringan yang besar. Semua Hardware yang dibutuhkan tinggal di drag saja. sebelum temen-temen belajar memakai Software Packet Tracer ga ada salahnya kenalan dulu yaa . . .

Pengenalan Cisco Packet Tracer

Packet tracer merupakan sebuah software yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi jaringan. Software ini dikembangakan oleh sebuah perusahaan yang intens dalam masalah jaringan yaitu Cisco. Dalam program ini telah tersedia beberapa komponen–kompenen atau alat–alat yang sering dipakai atau digunakan dalam system network tersebut, misalkan contoh seperti PC, Notebook, kabel LAN (cross over, console, dan lain-lain) , hub, switches, modem, Acces Point, router dan lain sebagainya. Sehingga akan menjadi mudah membuat sebuah simulasi jaringan komputer di dalam PC, simulasi ini berfungsi untuk mengetahui cara kerja pada tiap–tiap alat tersebut dan cara pengiriman sebuah pesan dari komputer satu ke komputer lain dapat juga disimulasikan.

Seorang admin dapat merancang sebuah network baik dalam penggunaan topologi ataupun network resources yang akan diperlukan dalam membangun sebuah jaringan dengan menggunakan Packet Tracer agar jaringan tersebut menjadi jaringan yang tepat guna. Di dalam program Packet Tracer ini admin dapat melakukan konfigurasi terhadap alat jaringan seperti pemasangan IP Addres, Sumnet mask dll. Dan melakukan pengujian apakah komputer yang satu dengan yang lainnya dapat terhubung dengan baik atau tidak, dengan menggunakan perintah Ping, dan Perintah lannya seperti Ip Config, Telnet, Trace dll pada Command Prompt dan mengecek apakah pada setiap komputer dapat melakukan sharing data terhadap komputer yang lain. Sebelum melanjutkan tutorial ini ada baiknya saya sampaikan beberapa syarat untuk dapat menjalankan software ini adalah sebagai berikut :

  1. Minimal sebuah PC Pentium IV keatas, untuk sistem operasinya dapat menggunakan Windows ataupun Linux (Packet tracer juga ada yang versi Linux).
  2. Software Packet tracer yang telah terinstall di komputer anda
  3. Memiliki sedikit pengetahuan mengenai jaringan, minimal tentang IP address jika ditambah dengan subnetting juga lebih baik

Buat temen-temen yang mau download softwarenya bisa klik disini :

Download Cisco Packet Tracer 5.2 For Windows


Untuk Tutorialnya Bisa Juga di download disini :

Download Tutorial Cisco Packet Tracer


Persyaratan : Untuk mendapat Password di Tutorial yang bebentuk RAR Anda diwajibkan memberikan komentar atau bisa juga menulis di chat box, dengan menuliskan Nama, pesan berupa komentar dan Alamat Email. Password akan dikirim Ke Email.

SEMOGA BERMANFAAT


Tokoh Sejarah yang dibuang dari Sejarah

Diposkan oleh Avidt.blogspot.com 2 komentar

Sekedar Sharing sama temen-temen yang haus dengan kebenaran sejarah Indonesia, yang selama ini sudah banyak yang di rubah, secara tidak langsung banyak kebohongan yang sudah di tutup-tutupi oleh negara. Mengapa Hal Ini bisa terjadi....???? tentunya ada kepentingan pribadi yang tanpa memikirkan banyak orang dan tanpa memikirkan masa depan anak cucu mereka. Hanya manusia terkutuk yang tega menutupi kebenaran dan sejarah yang ada. Inilah Negara Indonesia yang di banggakan masyarakat, Negara yang penuh kebohongan sejarah. untuk itu saya posting artikel ini yang berjudul Tokoh Sejarah yang dibuang dari sejarah.

Inilah Tokoh Sejarah yang di eksekusi mati dan dibuang ke laut yang bernama Sekarmadji Mardjan Kartosuwiryo(SMK)

Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo (SMK) lahir di Cepu, 7 Januari 1907. Pada tahun 1923, saat berusia 16 tahun, aktif dalam gerakan kepemudaan, Jong Java. Ketika banyak anggota Jong Java cenderung pada spirit Islam, maka didirikanlah Jong Islamieten Bond. SMK pun pindah ke dalam organisasi pemuda Islam ini. Melalui dua organisasi ini (Jong Java dan Jong Islamieten Bond) inilah, SMK menjadi salah satu pelaku sejarah gerakan pemuda yang dikenal dengan “SUMPAH PEMUDA”.

Selain aktif dalam gerakan kepemudaan, SMK juga beraktifitas sebagai Sekretaris Umum Partij Sjarikat Islam Hindia Timur (PSIHT). Iapun juga bekerja pada surat kabar harian Fadjar Asia, sebuah surat kabar berspirit Islam yang dirintis oleh H.O.S. Cokroaminoto dan H. Agus Salim. SMK menjadi redaktur harian tersebut pada usia 22 tahun (1929). Tulisan pribadinya, banyak berisikan kritik terhadap penguasa pribumi maupun penguasa kolonial Belanda.

SMK sempat menjadi sekretaris pribadi H.O.S. Cokroaminoto selama 2 tahun. Dari tokoh pejuang nasional inilah ia banyak mendapatkan pendidikan politik dan budi pekerti. Di rumah pak Cokro, SMK sering berdiskusi dengan sesama pemuda –murid pak Cokro–, seperti Sukarno, Alimin, Cipto, Douwes Dekker, Kyai Ahmad Dahlan, Muso, Semaun, yang sering bertamu ke rumah Cokroaminoto.
SMK pernah menulis paket brosur/konsepsi Sikap Hijrah saat aktif di Partai Syarikat Islam. Brosur tersebut menguraikan tentang sikap tegas kaum muslimin berdasarkan konsep hijrah yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Pemikiran SMK yang Islam-Minded, terbentuk dari masa remaja, sejak ia berguru pada seorang tokoh agama bernama Notodihardjo. Pada saat bergiat dalam bidang jurnalistik dan politik, ia juga mendapat bentukan pemikiran Islam dari Cokroaminoto, juga mendapatkan bimbingan suluk dari Ajengan Ardiwisastera di Malangbong. Konsentrasi pembentukan jiwa keislamanpun ia dapatkan ketika membentuk lembaga Suffah, yang bercorak tarekat pembebasan/revolusioner bersama kyai Jusuf Taujiri yang bertindak sebagai guru/mursyid.

Pada 1943, saat Jepang menguasai Indonesia, SMK aktif dalam Majelis Islam A’laa Indonesia (MIAI) pimpinan Wondoamiseno, sebagai sekretaris dalam tubuh organisasi tersebut. Saat ini ia mengonsentrasikan murid-murid di lembaga suffah untuk latihan kemiliteran, yang lebih dikenal sebagai laskar hizbullah dan sabilillah.

Ketika akhir pendudukan Jepang, pada 7 Agustus 1945 SMK yang disertai tentara Hizbullah memproklamasikan kemerdekaan dalam konsepsi Islam. Namun dengan mempertimbangkan kepentingan bangsa, proklamasi tersebut ditarik kembali ketika ada proklamasi oleh Sukarno-Hatta pada 10 hari kemudian.

Paska proklamasi, negara Republik Indonesia makin cenderung pada sikap nasionalis sekuler dengan semakin meminggirkan peran kalangan Islam. Dalam pandangan SMK, sikap pengelolaan negara oleh para pemimpin nasionalis sekuler (sukarno-hatta) tetap berada dalam bayang-bayang penjajah Belanda. Berbagai forum perjanjian yang didominasi Belanda, selalu dilayani oleh pemerintah nasionalis sekuler.

Puncaknya adalah paska perjanjian Renville yang memaksa pemerintah Indonesia minggat atau yang biasa disebut dengan Long Mars yaitu lari jarak jauh dari jawa barat menuju yogyakarta, dan membiarkan Jawa Barat kosong dari kekuasaan . Sementara Jawa barat kosong yang ada hanya orang-orang islam yang didasari dengan tauhid yang benar, Setelah sebelumnya berkonsultasi dengan Jenderal Besar Sudirman, SMK melakukan perannya sebagai proklamator Negara Islam Indonesia, yang berjuang mempertahankan kedaulatan dan harga diri bangsa Indonesia terhadap agresi Belanda.
Perjuangan SMK bersama rakyat dan tentara Daarul Islam, disikapi secara tegang oleh para pemimpin nasionalis. yang takut jika indonesia dikuasai oleh islam dan takut jika aturan mereka di ganti dengan aturan Allah yaitu Al-Quran, padahal tiada aturan yang boleh kita taati kecuali aturan yang ada dalam Al-qur'an, Sikap apriori dan phobi terhadap kesucian Islam menumbuhkan sikap perlawanan terhadap DI/TII, yang justru mendapatkan dukungan dari daerah-daerah lain.

Pada 4 Juni 1962, SMK ditangkap dan diadili pada 16 Agustus. SMK dieksekusi mati pada September 1962. Wasiat terakhir SMK untuk keluarganya menjelang eksekusi, tidak dipenuhi oleh pemerintah Indonesia. Bahkan hingga kini salah satu the founding father Indonesia ini tetap disembunyikan pusaranya.

WASIAT SEKARMADJI MARIDJAN KARTOSUWIRYO (SMK)

Wasiat Imam pada pertemuan dengan para Panglima/Prajurit (Mujahid) pada tahun 1959 diantaranya berbunyi : “Saya (Imam) melihat indikasi bencana angin yang akan menyapu bersih seluruh mujahid kecuali yang tertinggal hanya serah/biji mujahid yang benar-benar memperjuangkan/mempertahan
kan tetap tegaknya cita-cita Negara Islam Indonesia, sebagaimana diproklamasikan tanggal 7 Agustus 1949. Di saat terjadinya bencana angin tersebut ingatlah akan semua wasiat saya ini :
  1. Kawan akan menjadi lawan, dan lawan akan menjadi kawan.
  2. Panglima akan menjadi Prajurit, Prajurit akan menjadi Panglima.
  3. Mujahid jadi luar Mujahid, luar Mujahid jadi Mujahid.
  4. Jika mujahid telah ingkar, ingatlah;”Itu lebih jahat dari iblis”, sebab dia mengetahui strategi dan rahasia perjuangan kita, sedang musuh tidak mengetahui. Demi kelanjutan tetap berdirinya Negara Islam Indonesia, maka tembaklah dia.
  5. Jika Imam berhalangan, dan kalian terputus hubungan dengan Panglima, dan yang tertinggal hanja Prajurit petit saja maka Prajurit petit harus sanggup tampil jadi Imam.
  6. Jika Imam menyerah tembak saja, sebab itu berarti iblis. Jika Imam memerintahkan terus berjuang, ikuti saja sebagai hamba Allah SWT.
  7. Jika kalian kehilangan syarat berjuang, teruskanlah perjuangan selama Pancasila masih ada, walaupun gigi tinggal satu, dan gunakanlah gigi yang satu itu untuk mengigit.
  8. Jika kalian masih dalam keadaan jihad, ingat rasa aman itu, sebagai racun.
Wasiat di atas seharusnya dipegang oleh setiap Tentara Islam, sebagai amanat perpisahan, dimana sekalipun setelah ini mereka tidak lagi bertemu dengan Imam. Perjuangan tidak boleh terhenti apalagi menyerah, sebab selama kebathilan masih tegak, maka selama itu perlawanan harus dilanjutkan, sekalipun yang tersisa tinggal satu gigi, maka gunakanlah gigi yang tinggal satu itu untuk menggigit!

Mengapa figur SMK tetap dimisterikan? Tak adakah sejarawan yang terpanggil untuk meluruskan sejarah pembangunan negeri ini? Apakah kita harus tetap mengikuti peraturan-peraturan yang dibuat oleh orang-orang nasionalis sekuler atau buatan manusia yang bisa berubah-berubah setiap saat yang hanya mementingkan kekuasaan dari pada rakyat, dan akankah kita biarkan generasi Indonesia masa depan hidup dengan sejarah yang penuh dengan tipuan dan kepentingan penguasa? Akankah anda membiarkan anak-cucu anda tak pernah tahu akan sejarah yang ditulis tanpa kebohongan?

About Me

Foto Saya
Avidt.blogspot.com
Saya Masih Belajar . . . Jadi Kalo mau tanya-tanya Boleehhh
Lihat profil lengkapku
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

SPONSOR IKLAN

wibiya widget